Tips Memasak Ayam Kampung Agar Cepat Empuk Dan Nikmat

Posted on July 31, 2016 by


TipsMengolahAyamMemasak dan mengolah ayam kampung itu susah susah mudah. Mudah karena kita telah mengetahui cara-caranya. Umumnya ayam kampung memang memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan ayam broiler dan rendah lemak karena proses pemeliharaannya dengan cara alami. Namun alasan tersebut tetaplah tidak menghalangi pecinta ayam untuk memilih ayam kampung, karena jika dibandingkan ayam broiler, tentu ayam kampung lebih baik untuk kesehatan tubuh jangka panjang. Tapi bagaimana dengan tekstur yang keras dan alot tersebut? Berikut cara-caranya, cekidot..

Pilih ayam kampung yang agak muda
Memilih ayam merupakan salah satu yang harus diperhatikan agar olahan ayam kampung Anda jadi lebih empuk dan gurih. Pilih ayam yang agak muda, karena selain dagingnya tidak terlalu keras juga rasanya jauh lebih lezat.

Tusuk-tusuk/pukul dagingnya dan rendam dengan bumbu (marinade)
Cara lain yang bisa Anda lakukan agar ayam kampung menjadi empuk dan bumbunya meresap kuat adalah dengan menusuk daging ayam menggunakan garpu/memukul, kemudian merendamnya kedalam bumbu pilihan selama beberapa jam, baru kemudian ayam siap diolaah.

Rebus ayam dengan bahan pengempuk :
-Pepaya muda
Tambahkan potongan pepaya muda ke dalam air rebusan ayam kampung dan rebus hingga empuk. Jangan khawatir dengan rasanya ya, karena tidak akan merusak rasa daging ayam maupun kaldunya. Kaldu ayam netral atau tidak ada rasa buah pepaya. Rasa daging ayam pun netral dan cepat empuk. Demikian juga saat mencoba menambahkan pepaya muda di daging, kaldu dan daging netral juga cepat empuk.

-Cuci bersih ayam kampung. Potong-potong ayam. Jeroan (ampela, hati, usus) dipisahkan tidak perlu direbus.
-Kupas pepaya muda, belah, buang bijinya lalu potong ukuran sedang.
-Panaskan air hingga mendidih, masukkan daging ayam dan pepaya muda. Masak hingga daging ayam empuk.
-Ayam siap dimasak menjadi masakan lain, misalnya untuk sup.

-Tebu
Selain pepaya muda, Anda bisa menambahkan potongan tebu ke dalam air rebusan ayam. Rebus hingga ayam empuk, dijamin dech rasanya tidak kalah empuknya dari ayam broiler.

-Rebus ayam kampung dengan air kelapa
Merebus ayam kampung menggunakan air kelapa tidak hanya membuatnya cepat empuk, tapi juga menambah citarasa ayam mejadi lebih gurih dan nikmat.

Rebus dengan panci presto
Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengempukkan ayam kampung adalah dengan merebus menggunakan panci presto. Waktu perebusan juga tidak butuh waktu lama loh… kira-kira 20 menit dari mulai berbunyi.

kunjungi page kami : https://www.facebook.com/reseppedas/

Click Here

Posted in: Lain²