Cara Simpel Membuat Ketupat

Posted on July 13, 2016 by


6 Langkah Membuat Ketupat Yang Enak dan Tahan Lama

Siapa bilang menikmati ketupat hanya bisa di hari raya lebaran saja? Meski makanan yang satu ini identik dengan hari raya muslim, namun Anda bisa menikmatinya setiap waktu kok. Ketupat bisa dikatakan bersepupu dengan lontong. Mereka berdua merupakan variasi lain dalam memasak beras.

Karena berbahan utama beras, maka itu ketupat dan juga lontong biasanya dijadikan makanan utama yang disantap bersama aneka sup, opor ayam, dan masih banyak lagi lainnya. Biasanya kita membuat ketupat dalam jumlah yang agak banyak. Agar tidak mudah basi ada langkah-langkah yang bisa kita lakukan. Yuk kita coba!

Pemilihan Beras
Untuk membuat ketupat yang enak dan tahan lama, pastikan dahulu beras yang Anda gunakan berkualitas bagus dan bermutu. Cuci beras yang akan digunakan hingga bersih agar ketupat bertekstur lembut dan tidak cepat basi. Setelah dicuci sebaiknya direndam selama 30 menit, lalu tiriskan.

Pemilihan Kulit Ketupat
Pilihlah kulit ketupat yang bersih, dan masih segar, anyamannya pun rapi dan rapat. Agar hasil ketupat Anda padat dan bersih. Jika Anda bisa membuatnya sendiri, Anda bisa membeli kulit ketupat yang masih menjadi janur.

Pengisian Kulit Ketupat
Isilah kulit ketupat dengan beras yang sudah dicuci bersih dengan ukuran 1/3 – 2/3 dari tinggi kulit ketupat. Jika Anda mengisinya terlalu banyak hasilnya ketupat akan mengeras dan kurang matang, sedangkan jika mengisinya terlalu sedikit ketupat akan menjadi lembek.

Proses Merebus Ketupat
Selama proses merebus, pastikan ketupat terendam air seluruhnya agar matang dengan sempurna. Jika saat merebus airnya menyurut tetapi ketupat belum terlalu matang, Anda bisa menambahkannya dengan air mendidih agar proses pemasakkan terus berlangsung. Saat merebus pun Anda bisa mengganti air dengan santan bila Anda inginkan ketupat menjadi lebih gurih. Biasanya Ketupat dimasak dalam waktu 4-5 jam.

Ketupat Matang
Jika ketupat sudah matang celup-celupkanlah ke dalam air mendidih lalu siram dengan air biasa kemudian gantung ketupat agar air menetes dan tidak ada air yang mengendap dalam ketupat. Karena ketupat yang mengandung air akan lebih cepat basi.

Penyajian dan Penyimpanan Ketupat
Saat penyajian ketupat pastikan dalam keadaan dingin atau sudah tidak panas, agar bentuk yang dihasilkan ketupat sempurna. Potong ketupat seperlunya saja, karena ketupat yang sudah dipotong akan lebih mudah basi daripada yang masih terbungkus utuh.

Simpan ketupat dalam lemari es (bungkus plastik agar kulitnya tidak kering). Ketupat yang disimpan dalam lemari es dapat bertahan 4-7 hari. Kukus ketupat (jangan direbus) untuk menghangatkan kembali ketupat sebelum disantap.

Click Here

Posted in: Lain²